Mengenal JavaScript dasar

Sekilas Tentang JavaScript

JavaScript adalah bahasa scripting dari Web. JavaScript digunakan dalam jutaan halaman Web untuk menambah fungsionalitas, memvalidasi bentuk, mendeteksi browser, dan banyak lagi. JavaScript adalah bahasa scripting paling populer di Internet dan bekerja di semua browser utama, seperti Internet Explorer, Firefox, Chrome, Opera, dan Safari.

Apa JavaScript?
  • JavaScript dirancang untuk menambahkan interaktivitas ke halaman HTML.
  • JavaScript adalah bahasa scripting.
  • Sebuah bahasa scripting adalah bahasa pemrograman ringan.
  • JavaScript biasanya tertanam langsung ke halaman HTML
  • JavaScript adalah bahasa ditafsirkan (berarti bahwa script mengeksekusi tanpa pendahuluan kompilasi).
  • Semua orang dapat menggunakan JavaScript tanpa membeli lisensi.
 Apakah Java dan JavaScript Sama?

Tidak,  Java dan JavaScript adalah dua bahasa yang sama sekali berbeda di kedua konsep dan desain.
Java (dikembangkan oleh Sun Microsystems) adalah pemrograman yang kuat dan jauh lebih kompleks bahasa dalam kategori yang sama dengan C dan C ++.

Apa yang Bisa JavaScript Lakukan?

  • JavaScript memberikan desainer HTML alat pemrograman. penulis HTML biasanya tidak programmer, tetapi JavaScript adalah bahasa scripting dengan sintaks yang sangat sederhana. Hampir semua orang dapat menempatkan "potongan" kecil kode ke mereka halaman HTML.
  • JavaScript dapat menempatkan teks dinamis ke dalam halaman HTML. Sebuah pernyataan JavaScript seperti document.write ( "<h1>" + nama + "</ h1>") dapat menulis variabel teks ke dalam halaman HTML.
  • JavaScript dapat bereaksi terhadap peristiwa. Sebuah script JavaScript dapat diatur untuk mengeksekusi ketika sesuatu yang terjadi, seperti pemuatan saat halaman telah selesai atau ketika pengguna mengklik pada sebuah elemen HTML.
  • JavaScript dapat membaca dan menulis elemen HTML. Sebuah script JavaScript dapat membaca dan mengubah isi dari sebuah elemen HTML.
  • JavaScript dapat digunakan untuk memvalidasi data. Sebuah script JavaScript dapat digunakan untuk memvalidasi data formulir sebelum diserahkan ke server. Ini menghemat server dari pemrosesan tambahan.
  • JavaScript dapat digunakan untuk mendeteksi browser pengunjung. Sebuah script JavaScript dapat digunakan untuk mendeteksi browser pengunjung, dan tergantung pada browser, beban halaman lain yang khusus dirancang untuk browser.
  • JavaScript dapat digunakan untuk membuat cookies. Sebuah script JavaScript dapat digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi di komputer pengunjung.

AJAX

AJAX singkatan dari Asynchronous JavaScript dan XML.
AJAX didasarkan pada JavaScript dan permintaan HTTP. AJAX bukanlah bahasa pemrograman baru, tapi cara baru untuk menggunakan standar yang ada.
AJAX adalah seni perdagangan data dengan server Web, dan mengubah bagian dari halaman Web, tanpa reload seluruh halaman.

AJAX = Asynchronous JavaScript and XML
AJAX bukanlah bahasa pemrograman baru, tetapi teknik baru untuk menciptakan aplikasi web yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih interaktif. Dengan AJAX, JavaScript dapat berkomunikasi langsung dengan server, dengan XMLHttpRequest obyek. Dengan objek ini, JavaScript dapat perdagangan data dengan server Web, tanpa reload halaman. AJAX menggunakan asynchronous transfer data (permintaan HTTP) antara browser dan web Server, yang memungkinkan halaman Web untuk meminta potongan-potongan kecil informasi dari server bukan seluruh halaman.
Teknik AJAX membuat aplikasi internet lebih kecil, lebih cepat, dan lebih user friendly.

AJAX didasarkan pada standar web berikut:
  • HTML
  • JavaScript 
  • XML
  • CSS
aplikasi AJAX yang browser- dan platform-independen.
aplikasi internet memiliki banyak manfaat lebih dari aplikasi desktop: Mereka dapat mencapai audiens yang lebih besar; mereka lebih mudah untuk menginstal dan dukungan; dan mereka lebih mudah untuk mengembangkan. Namun, aplikasi internet tidak selalu sebagai "kaya" dan user friendly dibandigkan dengan aplikasi desktop tradisional. Dengan AJAX, aplikasi internet dapat dibuat lebih kaya dan lebih user friendly.

Bagaimana mengkombinasikan JavaScript dengan HTML, lihat contoh berikut: 

dalam penulisan javascript selalu diawali dengan <script> dan di akhiri dengan </script>.
dapat dilihat dengan contoh berikut kalian dapat memahami sedikit konsep dari JavaScript. 

<html>
<body>
<script type="text/javascript">     
document.write("Hello World!");
</script>
</body>
</html>

Hasilnya akan menampilkan "Hello World".


Sumber :W3Schools
Mengenal JavaScript dasar Mengenal JavaScript dasar Reviewed by ReyGumay on December 05, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.