Basis Data (DataBase)

Sekilas Tentang Basis Data

Basis data
               Basis data dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari data tersebut.
Data dalam basis data terbagi -bagi ke dalam tabel - tabel. Tabel merupakan set dalam dalam basis data yang berguna untuk menampilkan data dalam bentuk matriks. Masing - masingg tabel merupakan satu kesatuan yang terdiri dari beberapa kolom yang biasa disebut Field. Dalam field ini bisa memiliki tipe data yang berbeda-beda, dapat berupa string, number, date time dan lain sebagainya.

Aplikasi basis data adalah merupakan suatu sistem atau software yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta oleh pengguna. Dengan kata lain, aplikasi basis data adalah alat atau program yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Contoh aplikasi yang telah berkembang sekarang ini ialah Oracle, SQL Server 2000/2005, Ms Access, MySQL  dan sebagainya.

Aplikasi basis data biasanya dilengkapi dengan autentikasi user, yang berguna untuk mengidentifikasi siapa yang akan menggunakan aplikasi basis data. Hal ini dimaksudkan agar aplikasi basis data ini hanya dapat digunakan oleh orang - orang yang berhak dan tidak disalahgunakan untuk kepentingan yang salah.

Semua aplikasi basis data mempunyai fasilitas utuk membuat tabel dan view, baik dengan menggunakan wizard, design view maupun dengan menggunakan bahasa data deskripsi. Beberapa fasilitas tambahan seperti membuat form dan report ada pada sebagaian aplikasi basis data yang akan digunakan untuk menampilkan data.

Setiap apliakasi basis data mempunyai menu - menu windows yang umum seperti new, open, save, dan print  untuk membuat baru, membuka dan mencetak tabel dan lain - lain. Selain menu - menu windows umum, ada beberapa menu khusus aplikasi basis data seperti execute yang digunakan untuk menjalankan sebuah query, cencel  yang digunakan untuk membatalkan sebuah query yang sedang di jalankan, export yang digunakan untuk mentransfer sebuah query  yang sedang dijalankan,  export data yang bisa digunakan untuk mentransfer data dari satu basis ke basis data yang lain. Menu -menu pada aplikasi basis data tergantung dengan jenis aplikasi basis data yang digunakan.

Sistem Basis Data

Sistem basis data dapat diartikan sebagai sistem yang terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan. Pada intinya basis data merupakan media untuk meyimpan data agar dapat di akses dengan mudah dan cepat. 

Sistem Informasi tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan akan basis data apa pun bentuknya, baik berupa file teks ataupun Database Management System (DBMS).

Kebutuha basis data dalam sistem informasi meliputi:
  • Memasukkan , menyimpan, dan mengambil data.
  • membuat laporan berdasarkan data yang telah disimpan.

Untuk menggunakan MySQL paket lengkapnya kalian bisa menginstal XAMPP. dan untuk membuat databasenya dapat menggunakan SQLyog.
Basis Data (DataBase) Basis Data (DataBase) Reviewed by ReyGumay on December 22, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.