Mulailah Belajar Asik dan Memanfaatkan Internet

Mulailah Belajar Asik dan Memanfaatkan Internet

Sebagai seseorang yang hidup di zaman serba digital, kita harus bersyukur karena segalanya sekarang jadi serba gampang. Mau komunikasi dengan teman beda kota, nggak perlu lagi susah-susah nulis surat dan harus jalan dulu ke kantor pos, tinggal kirim email dan semuanya selesai.

Selain gampang, sekarang semuanya juga serba cepat. Mau cari tahu tentang suatu topik, tinggal tanya ke Mbah Google. Sayangnya, kita terkadang masih sedikit bingung karena belum tentu satu situs bisa menjelaskan secara lengkap kan? Makanya, kini mulai banyak bermunculan platform belajar online agar semuanya bisa diakses di satu situs atau aplikasi saja.

sumber gambar ruangguru.com

Salah satu contohnya yaitu Ruangguru, solusi yang pas buat anak yang malas buat mengalami macet-macetan untuk berangkat bimbel. Lembaga bimbel ini lahir berkat kreativitas dan inovasi anak-anak muda Indonesia, serta kemampuannya dalam memanfaatkan kemudahan teknologi hari ini. Berkat karya mereka, sekarang kita bisa belajar sambil duduk manis di rumah, hanya bermodalkan paket internet serta gadget atau laptop.
Meskipun bimbel online masih tergolong baru di Indonesia, tapi manfaatnya sungguh luar biasa, lho. Sekarang kegiatan belajar bisa asyik dan efektif. Nggak perlu lagi tuh kita menyesuaikan jadwal materi pelajaran sekolah dan materi bimbel. Kita bisa pilih sendiri materi yang diinginkan, juga menentukan kapan dan di mana kita ingin belajar.


sumber gambar ruangguru.com

Kemudahan ini pasti berguna sekali, sebab waktu kita yang sering habis untuk mantengin gadget jadi bisa dipakai untuk belajar juga. Daripada cuma scrolling timeline instagram aja.
Bimbel online pun membuat segalanya lebih praktis. Kita bisa memahami bagian pelajaran yang belum dimengerti saja. Tidak seperti bimbel offline yang ‘memaksa’ kita untuk mempunyai kemampuan yang sama dengan teman sekelas. Kalau ada teman yang belum mengerti, kita harus mendengar ulang penjelasan guru. Padahal kita sudah merasa jelas. Jadi terbuang kan waktunya? 

sumber gambar ruangguru.com

Suasana belajar kita pun bisa disesuaikan keinginan. Kita tentunya mau cari tempat yang tenang dan mendukung untuk menyerap pelajaran. Akhirnya, terciptalah suasana kondusif! Nggak ada deh merasa berisik gara-gara suara berisik teman di kelas bimbel.
Nah, tapi bimbel online juga nggak sempurna. Sebab, nggak ada yang mengawasi kita secara penuh ketika belajar, juga peraturannya yang nggak mengikat. Jadi memang kita dituntut untuk memiliki kesadaran sendiri untuk belajar. Harus bisa berjanji pada diri sendiri kalau memang mau pintar, bukan karena harus menunggu ada yang memaksa.
Terkadang di beberapa bimbel online kegiatan belajarnya juga kurang efektif. Materinya hanya berupa rekaman video. Tapi tenang aja, Ruangguru sudah bisa mengatasi masalah itu. Caranya melalui chatting dengan guru. Mereka responsif kok, jadi kalau kita kurang paham tentang suatu pelajaran, bisa langsung minta jelaskan sampai mengerti deh.

sumber gambar ruangguru.com

Tapi ada satu kekurangan yang belum bisa diselesaikan oleh Ruangguru nih, bahkan sama semua lembaga bimbel online lainnya. Apakah itu? Yap! Masalah koneksi internet. Karena koneksi di Indonesia itu bisa dibilang masih sangat lambat, jika dibandingkan negara-negara lain. Apalagi masih banyak di daerah-daerah yang bahkan belum ada internetnya. But, keep calm and stay cool! Karena pemerintah sudah mulai berusaha untuk mengatasi masalah ini, supaya seluruh masyarakat bisa menikmati kemudahan melalui internet.
Nah, kini sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan bimbel online? Sekarang tinggal pilih deh mau ikut bimbel online dan terus mengikuti perkembangan zaman atau tetap belajar dengan cara seperti dahulu kala.

Mulailah Belajar Asik dan Memanfaatkan Internet Mulailah Belajar Asik dan Memanfaatkan Internet Reviewed by ReyGumay on October 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.