Pengertian UML

Definisi UML (Unified Modeling Language)

UML (Unified Modeling Language) adalah salah standar bahasa yang banyak diguakan di dunia industri untuk mendefinisikan requirement, membuat analisis dan desain, serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek.

Pengenalan UML

Pada perkembangan teknologi perangkat lunak, diperlukan adanya bahasa yang digunakan untuk memodelkan perangkat lunak yang akan dibuat dan perlu adanya standarisasi agar orang di berbagai negara dapat mengerti pemodelan perangkat lunak. Seperti yang kita ketahui bahwa menyatukan banyak kepala untuk menceritakan sebuah ide dengan tujuan untuk memahami hal yang sama tidaklah mudah, oleh karena itu diperlukan sebuah bahasa pemodelan perangkat lunak yang dapat dimengerti oleh banyak orang.

banyak orang yang telah membuat bahasa pemodelan pembangunan perangkat lunak sesuai dengan teknologi pemrograman yang berkembang pada saat itu, misalnya yang sempat berkembang dan digunakan oelh banyak pihak adalah Data Flow Diagram (DFD) untuk memodelkan perangkat lunak yang menggunakan pemrograman prosedural atau struktural, kemudian juga ada State Transition Diagram (STD) yang digunakan untuk memodelkan sistem real time.

pada perkembangan teknik pemograman berorientasi obje, mucullah sebuah standarisai bahasa pemodelan untuk membangun perangkat lunak yang dibangun dengan menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek, yaitu Unified Modeling language (UML). UML muncul karena adanya kebutuhan pemodelan visual untuk menspesifikasikan, menggambarkan, membnagun, dan dokumentasi dari sistem perangkat lunak. UML merupakan bahasa bisual untuk pemodelan dan komunikasi mengenai sebuah sistem dengan menggunakan diagram dan teks-teks pendukung.

UML berfungsi untuk melakukan pemodelan. jadi penggunaan UML tidak terbatas pada metodologi tertentu, meskipun pada kenyataannya UML paling banyak digunakan pada metodologi berorientasi objek.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak hal di dunia sistem informasi yang tidak dapat dilakukan, semua tergantung kebutuhan, lingkungan dan konteksnya. begitu juga dengan perkembangan pengunaan UML bergantung pada level abstraksi penggunaannya. jadi, belum tentu pandangan yang berbeda dalam penggunaan UML adalah suatu yang salah, tapi perlu ditelaah dimanakah UML digunakan dan hal apa yang ingin divisualkan. Secara analogi jika bahasa yang kita gunakan sehari - hari, belum tentu penyampaian bahasa dengan puisi adalah hal yang salah. Sistem informasi bukanlah  ilmu pasti, maka jika banyak perbedaan dan interprestasi di dalam bidang sistem informasi merupakan hal yang sangat wajar.

Berikut Gambar Diagram UML


Sumber gambar : http://www.uml-diagrams.org/notation/uml-22-diagrams.png

Macam - macam aplikasi untuk membuat diagram UML

  1. Star UML
  2. BoUML
  3. VioletUML
  4. PapyrusUML
  5. Poseidon for UML 8.0.0
  6. Ideas Modeller 

Sumber :
A.S, Rosa dan Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Tersetruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.
Pengertian UML Pengertian UML Reviewed by ReyGumay on November 23, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.