Defnisi Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sistem Informasi Geografis ialah sebuah sistem informasi yang dapat difungsikan sebagai pengelolaan data yang berupa informasi bersifat data spasial ataupun keruangan. Dalam bahasa inggris, SIG disebut Geographic Information System (GIS). Informasi data spasial berupa suatu objek atau koordinat, luas wilayah, dan panjang garis yang diproyeksikan dalam sistem koordinat. Selain informasi data spasial, di dalam sistem informasi geografis dapat mengelola data-data tentang keterangan atau atribut suatu objek, luas wilayah dan panjang garis.
Dalam arti lain yang sederhana sistem informasi geografis dapat disimpulkan sebagai gabungan kartografi, analisis statistik dan tenologi sistem basis data atau database. (Irwansyah,  2013)

1.1.1.1    Komponen Sistem Informasi Geografis
Sistem Informasi Geografis mempunyai komponen utama yang terdiri dari:
1.    Hardware
Dalam perangkat keras ini difungsikan sebagai media dalam pengelolaan SIG, mulai dari tahap pengambilan data hingga ke produk akhir.

2.    Software
Software atau perangkat lunak yang digunakan dalam sistem informasi geografis berfungsi untuk memudahkan dalam melakukan berbagai macam pengelolaan data, penyimpanan, editing, atau analisis keruangan contoh software SIG terdiri dari ArcView, ArcGis, Quantum Gis, dsb.

3.    Brainware
Brainware atau sumber daya manusia merupakan seseorang yang  mengoperasikan hardware dan software untuk mengelola berbagai macam data keruangan untuk suatu tujuan tertentu.

4.    Data Spasial
Bahan dasar dalam pengolaan sistem informasi geografis berupa data spasial yang merupakan data yang dapat diolah menjadi sebuah sistem informasi yang terangkum dalam suatu sistem berbasis keruangan dengan tujuan-tujuan tertentu.

1.1.1.2    Manfaat Sistem Informasi Geografis
Dalam pemanfaatannya Sistem Informasi Geografis dapat dimanfaatkan  sebagai berikut:

1.    Mengetahui Potensi dan Persebaran Penduduk

2.    Untuk pendataan dan pengemabangan jaringan transportasi.

3.    Mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian.

4.    Untuk pendataan ataupun pengembangan permukiman penduduk, kawasan industri, rumah sakit, sekolah, sarana hiburan, serta perkantoran.

5.    Untuk pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan.


Berikut dibawah ini merupakan jurnal tentang sistem informasi geografis yang bersumber dari google cendikiawan linknya http://scholar.google.co.id/ yang dapat diakses untuk mencari referensi jurnal yang sudah ada, semoga jurnal yang telah dibuat dari teman kita yang berada diluar sana  dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan untuk referensi.

1.Sistem Informasi Geografis Peta Kependudukan ---> Download (pdf).
2.Perancangan SIG dengan Mapserver ---> Download (pdf).
3.Konsep Sistem Informasi Geografis ---> Download (pdf).
4. Manajemen Peta Potensi Wilayah Berbasis Webgis ---> Download (pdf).
Defnisi Sistem Informasi Geografis (SIG) Defnisi Sistem Informasi Geografis (SIG) Reviewed by ReyGumay on November 19, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.