Membuat Daftar Isi Otomatis Update 2016

Daftar Isi Otomatis dengan Ms.office

Mungkin untuk teman-teman yang sedang mengerjakan tugas akhir, makalah atau tugas yang lainnya, terkadang masih sulit atau belum paham bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis dengan ms.office. waktu saya kuliah dulu semester 1 saya di ajarkan oleh dosen saya untuk membuat daftar isi secara otomatis dan sangat bermanfaat untuk menyelesaikan tugas akhir dan tugas makalah ataupun proposal. oke langsung aja  disini saya akan membagikan cara bagaimana membuat daftar isi secara otomatis.

  •  Langkah Pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi ms.office baik office 2007 maupun yang sudah 2013 konsepnya sama saja hanya  fitur ms. office yang sudah terupdate agak sedikit berbeda. disini saya menggunakan ms.office 2007 yang sudah berisi tugas saya yang akan saya buat daftar isinya.


  • Langkah kedua buat lembar kosong yang ingin dijadikan untuk tempat daftar isi, contoh yang saya buat saya menaruh lembar kosong yang sudah diberi judul daftar isi di atas lembar pendahulan, gambarnya bisa lihat di bawah ini.


  • Langkah berikutnya kita ke halaman Pendahuluan atau bab 1, taruh kusor atau panah mouse di depan tulisan pendahuluan, bisa juga dengan di blok, selanjutnya klik multilevel list yang ada di tab home - paragraph pada digambar yaitu yang ditandai dengan nomor 2, jadi kata pendahuluan akan terheading 1 secara otomatis.


  • untuk latar belakang merupakan sub bab yaitu kita beri heading 2, langkahnya taruh kursor di di depan kata latar belakang lalu lihat pada nomor 2 di gambar klik panah bawah pada style yang masih berada di tab home atau lihat gambar contoh berikut.



  • pada langkah selanjutnya di halaman berikutnya seperti sub bab- sub bab berikutnya di sesuaikan saja dengan kebutuhan pada contoh di gambar berikutnya saya menaruh kata tujuan dan kegunaan itu termasuk sub bab 2 yang akan di heading 2 dan judul isinya seperti sub bab saya berikan heading 3 sedangkan di kegunaan yang isinya judul bagi mahasiswa itu saya berikan heading 4. catatan : Bab dan sub bab- sub bab lainnya disesuaikan dengan kebutuhan yang kalian buat.


  • disini saya anggap kita sudah mengheadingkan bagian bab atau sub bab - sub bab lainnya di halaman berikutnya sampai dengan penutup.
  • selanjutnya setelah sudah di heading semua kita ke halaman kosong yang bertulis daftar isi tadi seperti langkah ke 2 kita kasih enter jarak judul  daftar isi dengan isinya. 
  • langkah selanjutnya klik pada tab References lalu pilih table of contents dan pilih insert table of contents.

  • Selajutnya, sebelum kita mengklik oke kita lihat dulu show level sampai heading berapakah yang tati kita masukkan jika kita masukan sampai ke heading 4 gantil pada show level menjadi angka 4 lalu klik oke.

  • maka hasilnya akan seperti gambar berikut.


  • pada tugas ini kata pendahuluan belum saya kasih indeks nomor seperti "BAB 1" maka langkahnya adalah klik kanan pada heading 1 lalau klik modify.


  • setelah modify klik format lalu pilih Numbering, seperti gambar di bawah :


  • setelah berada di menu numbering klik Define New Number Format setelah itu kita ketik "BAB 1" di depan nomor 1 yang panah merah lalu klik oke. lalu klik oke lagi. lihat gambar di bawah ini:


  • catatan : jika tidak keluar tulisan "BAB 1" maka klik lagi pada heading 1. 
  • Selesai.
mungkin itu yang bisa saya berikan, jika ada yang mau ditanyakan atau kurang jelas langsung komen aja atau jika ada yang punya cara berbeda bisa kita saling belajar bersama. Terima kasih.


CONTOH :
BAB I ----> Heading 1
   Sub Bab ----> Heading 2
      Sub Bab ---- > Heading 3
        Sub Bab ----> Heading 4
BAB II  -----> Heading 1
   Sub Bab ----> Heading 2

 Yang ingin melihat videonya bisa dilihat klik aja disini.

https://reygumay.blogspot.co.id/p/blog-page_20.html


Membuat Daftar Isi Otomatis Update 2016 Membuat Daftar Isi Otomatis Update 2016 Reviewed by ReyGumay on November 20, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.